Kursus Semi Private Basic Photography

Untuk teman2 pemula dan hobbyist dalam dunia fotografi, saya mau menawarkan kursus Basic Photography.

Bentuknya semi-private. Seperti di judul, satu grup hanya 6 orang saja.

Frekuensi: 1 minggu 1x, atau 1 bulan 4x. Setiap sabtu dan minggu (kelas yang berbeda) pukul 15.00 - 19.00

Lama pertemuan: 4 Jam (kalau sikon menuntut, lebih2 sedikit boleh lah :))

Keterangan: Mempertimbangkan ongkos bensin, ongkos operasional, dll, maka apabila peserta kurang dari 3 orang, dengan sangat terpaksa jadwal start saya mundurkan dulu, sampai tercapai 3 orang peserta. Begitu tercapai 3 orang peserta, langsung start. Harap dimaklumi.

Materi Kursus:
- Pengenalan dan teori dasar kamera
- Arti tombol2 pada kamera
- Arti mode pada kamera
- Aksesoris2 dan peralatan pelengkap kamera (tripod, drybox, filter, dll)
- Segitiga eksposure
- Dynamic Range
- Feature AEL/AFEL
- Metering
- White Balance
- Basic Composition
- Basic Retouching (photoshop)
- Creative Shutter Speed
- Creative Apperture (DoF)
- Penggunaan Flash dasar
- Penggunaan bounced Flash
- Tips & trik
- Etika hubungan fotografer - model (sesi foto outdoor)
- Basic posing model (sesi foto outdoor)
- Strobist outdoor (sesi foto outdoor)
- Tanya jawab
- Praktek foto outdoor (dengan model, keterangan ada di bawah)

Praktek foto Outdoor:
- Apabila jumlah peserta mencapai kuota maksimal (6 orang), maka otomatis akan ada acara praktek hunting foto dengan 1 orang model dalam sesi pemotretan outdoor.

- Apabila jumlah peserta tidak mencapai kuota maksimal, namun peserta tetap menginginkan acara praktek foto outdoor, maka para peserta bisa patungan untuk menyelenggarakan sesi praktek foto outdoor. Saya akan membantu mengurus model dan sewa tempatnya.

- Pada sesi praktek foto outdoor, akan diberikan materi tambahan (pengayaan) berupa:

1) Etika hubungan fotografer - model
2) Basic posing model
3) Strobist outdoor

Fee: 1,5jt/orang all-in, dari mulai sampai selesai = 1 bulan = 4x pertemuan @4jam = 16 jam

* Fee tidak termasuk makan dan minum selama proses kursus.

Tanggal Start: Lihat post Tanggal Start Kelas Berikutnya

Requirement: Kamera DSLR sangat dianjurkan. Tapi untuk yang memiliki kamera pocket yang bisa melakukan pengaturan manual (bisa set apperture, shutter speed, apalagi prosumer yang ada flash shoe nya) bisa juga mengikuti kursus ini.

Online Portfolio: www.creatipart.daportfolio.com

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan baca post 'Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)' di blog ini.

Selain kelas resmi, menerima juga kelas 'khusus', berupa private (1 on 1), atau rombongan khusus. Untuk jadwal dan biaya, bisa menghubungi saya untuk dibahas lebih lanjut.

Untuk teman2 yang tertarik atau mau tanya2 dulu, silahkan.
Bisa via e-mail/YM di: creatip80[at]yahoo.com

Sabtu, 24 April 2010

Testimonial peserta kursus

BUAT SEMUA YANG BACA THREAT INI...UDA GA USA RAGU IKUT KURSUS DI BRO CREATIP AKA MARCUS...DIJAMIN ADA PERKEMBANGAN..ANE UDA NGERASAIN SENDIRI..(murid gel 1)

mungkin om bintang n bro felix juga uda ngerasain hasilnya..bener2ada perubahan bgt.
jadwal sih 4 jam..kenyataanya selalu lebih, coz banyak yg diajari..katanya sih basic cmn trik pro juga diajarin..hehehehe
klo ane aja yg di gelombang 1 uda ngerasain bgt manfaatnya apa lg digelombang2berikutnya..dengan perubahan pasti menjadi suatu yang lebih baik bgt (yg sekarang aja udah bagus bgt)..hehehehe..klo ga percaya nih ane ks hasil terakhir kursus dengan materi hunting (maap suhu lp nama materi tadi, basic posing n etika fotografi yaa klo ga slh???..hehehehehe)..biar hasil karya ane aja yg berbicara...



ini ga ada yg diretouch..cmn colour balance, rezize+penamaan aja..dl mana bs ane motret spt itu..thanks lot suhu marcus..(murid gelombang 1).. 

- Afrizal Hutasuhut

Sebelon kursus ama bro Creatip, gw udah rajin cari cari trit tentang Photography di kaskus atau di forum tetangga...
gw pengen nambah ilmu dan kemampuan motret, gw pengen kuasain camera yg gw punya....
pokoknya apa yang ada hubungannya ma Photography gw baca malah banyak juga yang gw print....
trit tentang camera DLSR, lensa, teknik photography and many more....

Tapi...kok gw ngerasa tetep gw gak maksimal kalo cuma baca doang...
singkatnya ada yang kurang rasanya...
apa ya ??? gw bingung sendiri akhirnya....Hiks hiks....
setelah sekian lama merenung sambil ngeliatin hasil jepretan gw ( yg kebanyakan pake mode auto ) terlintas di kepala gw...
" ELU MUSTI PUNYA TEMEN DISKUSI "

akhirnya gw nemu jawaban, atas kegalauan perasaan gw....
Pertanyaan selanjutnya, DISKUSI NYA MA SIAPA ???

Gw brosing lagi.... sampe akhirnya gw nemu trit ini !!!
gw kopdar dulu sama bro creatip, supaya gw yakin gak salah pilih orang....
kebetulan gw jg ketemu ma anak setan 666 yang ternyata punya masalah yang sama....
ngobrolah kita be3...dari ngomongin photgraphy ampe ngomongin blok TE...
Nyambung semua nya...Istilah gw kita be3 bisa "KLIK" padahal kita baru ketemu dan dari latar belakang dan basic yang berbeda2....

dari situ gw yakin betul bro creatip orang yang gw cari untuk gw ajak diskusi tentang photography ( gamblangnya : orang yang mau dengan rela gw curi ilmunya....ditanya maupun gak ditanya )

minggu pertama kursus...semangat bgt gw !!! semua gw siapin dah...
O..iya, gw jg mau bilang sama bini gw tercinta dan kedua anak gw KAKANG ma INONK yg udah rela waktunya kepotong karena gw ikutan kursus ini...
(sabtu minggu biasanya waktunya buat mereka )
di sabtu sore itu ada satu orang lagi perserta kursus bro Felix... yg akhirnya jadi adik termuda di perguruan ini.....asik jg anaknya.... polos () yg dari pertama kali nanya topik terhangatnya selalu LENSA !!! ampe last class.... tetep bingung pengen punya lensa utk macro,utk landscape,utk potrait....etc

minggu berikutnya, kelas berjalan asik bgt.... suasana ya hangat sambil joke2 ceria persis kalo kita lagi gaul di cafe...ditambah atmosfir Caffe COFFE TREE yg mendukung bgt ...jauh dari suasana formal seperti di dalam ruangan kelas pd umumnya, materi dasar/basic bisa berkembang ke obrolan tentang trik trik profesional....

Sesi terakhir adalah photo hunting....sesi ini kayaknya yang ditunggu tunggu ama kita semua...Mau unjuk kebolehan dan kemampuan dari semua ilmu yg udah diturunkan sama suhu, bro creatip...semua peralatan tempur dibawa.... dicobain dan hasilnya......




Terakhir, Many thanks to bro creatip atas segala ilmu dan tips n tricks yg udah ditrunkan buat kita semua... bro Rizal, bro Felix... Seru abbissss !!! hati hati racun tetep gw sebar.... the last but not least Miss Oina Djong yang udah mau kita "kerjaiin" mudah mudahan gak kapok....


- Bintang Lazoeardi

kasih testi ah buat abang gw yang satu ini...

Ga nyesel deh ikutan kursusnya si abang..jadi ngerti istilah2 yang dulu cuma pernah denger aja..banyak banget pelajaran yang bisa diambil...bang marcusnya juga enak ngajarnya, berasa kayak lagi sharing bukan kayak lagi ngajar..jadinya lebih bisa masuk ke otak *kalo saya sih begitu

buat yg masih mikir2..mending jangan ragu2 deh..ikutan aja..

- Ay.i

Kursus TS ini sangat berguna buat gw yang baru pegang kamera.

Kelasnya enak, karena dengan gaya santai tapi serius sambil ngobrol, jadi gak cuma searah aja (lebih ke arah diskusi). Mau tanya apa aja bebas, bakalan dijawab sama TS. Gw bandingin juga sama workshop satu hari yang pernah gw ikutin, di mana si pembicara terkesan buru2 menyampaikan materi, dan gak bebas tanya jawab karena memang gimana mungkin materi basic photography kelar dalam 1 hari?
Dan gw bandingin juga sama kursus2 beberapa hari di tempat lain, semua lebih mahal daripada kelas ini.
Dengan durasi kursus yang sebulan (kurang lebih), gw jadi punya kesempatan untuk cerna dan praktekin materi minggu itu sebelum lanjut ke materi berikutnya.

Kamera dari golongan minoritas? Gak masalah...TS bakal bantuin juga, cuma gw recommend pas kursus bawa buku manual juga biar bisa dicariin sama2 dengan cepat.

So kenapa ikut kelas ini? Cukup baca keterangan di halaman pertama udah jelas banget tuh...
Struktur keterangan di hal 1 aja udah ngeliatin kalo bro creatip adalah orang yang terstruktur dan memang sangat cocok menjadi tutor/guru/suhu. Bayangin kalo yang ngajar ngomong loncat2, pusing kan, heheh...

Kalo buat gw pribadi, selain keterangan di halaman pertama, juga setelah membaca 'cara bodoh' (yang pintar :D). Gw pikir, kalo orang udah bisa bikin cara2 begitu, artinya memang udah nguasain ilmu dasar dari photography.

Dan yang paling penting buat orang belajar adalah guru yang memang bisa ngajar. Mungkin ada buanyak banget fotografer yang lebih jago dari TS, tapi gue gak yakin ada banyak fotografer yang mampu membagikan ilmunya dengan jelas seperti suhu creatip ini. Satu lagi yang juga penting, ada improvement dari kelas angkatan 1 ke angkatan 2. So gw yakin angkatan 3 akan lebih bagus lagi karena si TS juga adalah orang yang mau belajar terus.

Dengan demikian, gw bersaksi kalo si TS adalah

RECOMMENDED TUTOR


- Ijas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar